Oleh: pancat | Desember 18, 2008

Misteri angka 40

Nyambung tulisane Guntari yang usia 40 tahun, pancen 40 adalah angka istimewa. misalkan : 20 x 2 = 40 bener kan ? terus 50 – 10 juga 40 bener juga kan ? …

  • Fakta kenabian. Umur 40 tahun adalah awal penentuan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul Allah di muka bumi. Muhammad diusia tersebut mendapat wahyu pertama di gua hira yang ditandai dengan turunnya surah Al-Alaq ayat 1 sampai dengan 5. Tugas beliau adalah menyebarkan kebenaran Islam dan nilai-nilai Ilahiyah kepada seluruh umat di dunia, tanpa mengenal ras, warna kulit, asal daerah, maupun jenis kelamin.

    Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Al-Alaq : 1-5)

    • Angka 40 kembali diungkapkan berkaitan dengan tahapan penciptaan manusia. Dalam sebuah hadits arbain nawawi, hadits ke-4 tentang tahapan penciptaan manusia dan amalan terakhirnya disebutkan bahwa :

      Diriwayatkan dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud ra., ia berkata: Rasulullah bersabda kepada kami, sedang beliau adalah orang yang jujur dan dapat dipercaya: ‘Sesungguhnya seseorang dari kalian dikumpulkan ciptaannya dalam perut ibunya selama empat puluh hari berupa nutfah, lalu menjadi ‘alaqah selama empat puluh hari pula, lantas menjadi mudghah pada waktu yang sama pula. Kemudian Allah mengirimkan malaikat untuk meniup ruh kepadanya, dan ia diperintahkan untuk menulis empat perkataan/ketetapan, yaitu rezekinya, ajalnya, amalnya, dan kesengsaraan atau kebahagiannya. Dan demikian Allah, Dzat yang tiada Tuhan kecuali Dia, sesungguhnya seorang diantara kalian ada yang beramal dengan amalan penghuni syurga sehingga jarak antara dia dengan syurga tidak lebih dari sehasta. Lalu kitab surat takdir mendahuluinya, sehingga orang tersebut beramal dengan amalan penghuni neraka hingga jarak antara dia dan neraka tidak lebih dari sehasta. Lalu suratan takdir mendahuluinya, sehingga orang tersebut beramal dengan amalan ahli syurga maka ia pun masuk syurga.”

      Hadits ini menjelaskan bahwa selama 120 hari janin mengalami 3 kali perubahan. Perubahan-perubahan tersebut terjadi setiap 40 hari. 40 hari pertama janin masih berbentuk nutfah, percampuran antara sperma dan sel telur wanita, 40 hari berikutnya berbentuk gumpalan darah, dan 40 hari berikutnya menjadi segumpal daging. Setelah 120 hari, Malaikat kemudian meniupkan ruh kedalamnya, dan pada saat itulah ditetapkan 4 perkara tersebut.

      • Fakta tambahan terkait dengan poin 2, bahwa di dunia kedokteran terutama spesialis kebidanan, kebanyakan para dokter memperkirakan waktu kelahiran seorang bayi ke muka bumi pada usia kehamilan 40 minggu. Prediksi waktu tersebut dihitung dari haid terakhir yang terjadi pada diri seorang wanita. Angka 40 minggu digunakan sebagai patokan, dapat juga sebagai ‘warning’ bagi calon Ibu. Karena jika janin berada didalam kandungan lebih dari 40 minggu, berbagai langkah medis segera diambil untuk mengantisipasi terjadinya keracunan yang kemungkinan menimpa janin. Subhanallah.
      • Fakta angka 40 juga muncul untuk menceritakan tentang adab birrul walidain (berbuat baik kepada orangtua) seperti yang tertuang dalam Al-Qur’anul Karim, surat Al-Ahqaf ayat 15 berikut ini : (disampaikan ulang)

        Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila ia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, ia berdo’a, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Kau ridhoi, dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir kepada anak-cucuku. Sesungguhnya, aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim.”

        Ayat ini menerangkan sikap yang baik dari seorang anak kepada orangtuanya yang telah mengasuhnya sejak kecil sampai dewasa disaat-saat orangtuanya itu telah berusia lanjut, telah lemah, telah pikun. Sehubungan dengan ayat ini Ibnu ‘Abbas berkata, Barangsiapa yang telah mencapai umur 40 tahun, sedangkan perbuatan baiknya belum dapat mengalahkan perbuatan jahatnya, maka hendaknya ia bersiap-siap untuk memasuki neraka”. Naudzubillah min dzalik.

        • Fakta 40 lain adalah kasus “tertinggalnya” sahabat Rasulullah, Ka’ab bin Malik pada perang Tabuk. Sejarah mencatat bahwa terdapat 3 orang sahabat Nabi yang tertinggal pada perang Tabuk. Ketiga orang tersebut adalah Mararah bin Arrabi’ Al ‘amri dan Hilal bin Umayyah, serta Ka’ab bin Malik. Ketiganya “tertinggal” perang Tabuk karena terserang penyakit “malas”. Peristiwa tersebut mengakibatkan mereka dihukum oleh Rasulullah dan para sahabat dengan cara diasingkan dari pergaulan, diboikot, di”diamkan” oleh seantero negeri Arab. Tragedi pengasingan terjadi selama 40 hari, dilanjutkan oleh tambahan 10 hari hukuman berupa pelarangan “menyentuh” istri-istri mereka. Namun akhirnya Allah SWT mengampuni kekhilafan mereka, dan mengabadikan kisah mereka dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 95-96 dan 117-119.
            • Hal yang dapat menggerogoti keimanan terkait dengan angka 40 seperti yang diungkapkan oleh hadits shoheh yang kurang lebih bercerita tentang bahaya mempercayai kesaksian dukun. Karena barangsiapa yang mempercayai kesaksian dukun maka ancaman Allah Ta’ala, selama 40 hari amalannya akan tertolak (tidak di terima di sisi Allah).

              Itulah antara lain sederek2 … mulane wajar nek sing arep istimewa dpt kado 40 … selamet ye …
              Dan yang sudah  melewati 40, ati2, banyak bertobat, istighfar, beramal saleh dll dll. dadi siap menjalani kehidupan fase 2 … jarene
              nek wis tuwo koyo gambar ngisor iki … banjur nyesel …

              tua


              Responses

              1. pak admin tks byk ,uaraian diatas minimal bisa
                menjadikan teman2 semakin terbuka hatiny
                untuk semakin mndktkn diri sama yg diatas.

                semoga teman2 jg senantiasa seslu ingin berbuat
                amal yang mendapat ridho dari Allah…….amiin

                seperti tertulis dalam QS Al-Anbiyaa
                “Telah dkt kpd manusia hari menghisap sgl amalan mereka,sedangkan mereka berada
                dalam kelalaian lagi berpalaing”

                maka diusia 40 jgnlah kita lp bhkn berpaling,
                ayo kita rame2 mengalahkan amalan jahat kita,
                kita menangkan amalan baik kita.

                “Ingat !!!… Hatimu adalah Rajamu, Semoga hati
                kita Selalu Bening”

              2. Kita dulu tahunya Om admin diem karena banyak belajar ilmu fisika, gak tahunya ilmu agama juga.
                Pokonya yang akhirannya A gitu deh.
                Kok sepi komen, pada ke mana ya ?
                Jangan2 pada mulai merenung trus insaf, trus ga mau komen macam2.

                Daa…… Selamat tahun baru untuk semua,
                dan selamat Natal untuk yang natalan.
                Semoga tahun depan seindah harapan.
                Amin

              3. Amin. . .. Amin. . . Amin. . . . . . .

              4. Mudah-mudahan pada masuk syurga…kalau gak masuk syurga pasti masuk neraka.

              5. ono sik nyangsang nang jembatan (sirotol mustaqiim) gak ya….

              6. sing nyangsang sing rodo nyleneh nek ngomong??? trus senenge ngguyu dewek?? sopo jal??

              7. wong isik urip kok dongakne masuk sorga,,,,,,,,,,,,,,,,po meneh nyangsang ning jembtan sirotol mustaqim…

                nek isih urip berlombalah cari bekal akhirat,,,,,

              8. masa nifas juga 40 hari baru nganu ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

              9. Aduh, Maryono bener2 pakar anu tenan.
                Kalo bab anu, tanggap sasmita tenan.
                Tahun baru, acaranya ngapain di Kaltim?
                Buat sate buaya? Aku pernah coba, mgkn
                karena dah sempet masuk kulkas,
                rasanya amis.

              10. Selamat tahun baru ……………………..
                Selamat merenungkan apa yg sdh kita lakukan tahun ini dan yg akan kita lakukan tahun depan

              11. AMIN,,,AMIN,,,,AMIN,,YA ROBBAL ALAMMIN.

              12. lek mar nggone sampeyan keno banjir pora sih?? ketoke nang TV koq parah banget Kutai kertanegara kena banjir???? mudah2an segera surut….

              13. Jawab Mar, amin…………
                Sayang gak bisa pindahin ujan, kalo bisa gak tiap hari nich kena ujan terus.
                Winarsih nongol lagi… pa… khabar ???

              14. Winarsih ketho’e isik isinan koyo mbiyen si SMA…
                dadine nongol mung sak nyuk..terus ndlelep maneh…
                ayo Win…ojo isin2…koy Maryono kae lho…mbiyen isinan..sak iki……wuih…

              15. Ngomong wae biyen isinan saiki ngisin2ni ngono kan In……tak clurit kon… Nek winarsih bukane isinan tapi emang menengan…koyo nyong lah…

                kebetulan nyong manggon nang bukit Wan,,, nek nggong nyong banjir seluruh kalimantan tenggelam. jenenge wae Kel.Bukit Biru.

              16. waduh…ampuuun pak dhe Mar…
                nyong si arep ngomong …wuih…sak iki wis wani nyerempet2..gitu…ning pas lagi ngdunke kursor kirim komentare ke klik…
                maklum nyong lak nulisa ora nganggo pc
                layare cuilik…
                ngono om…
                ojo di clurit ya….hehehe


              Tinggalkan Balasan

              Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

              Logo WordPress.com

              You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

              Gambar Twitter

              You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

              Foto Facebook

              You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

              Foto Google+

              You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

              Connecting to %s

              Kategori

              %d blogger menyukai ini: