Oleh: pancat | Maret 6, 2009

SIFAT AIR DALAM KEHIDUPAN KITA

Iki ono kiriman tulisan seko Pambudi, diwoco kanti tenanan ya ..

==============

Siklus air adalah simbol kesabaran atas konsensus alam. Air tidak pernah mengeluh ketika dipanaskan ataupun didinginkan, bahkan dengan dua kondisi itu ia bisa memberikan manfaat bagi orang orang yang membutuhkannya, dan salah satu sifatnya adalah selalu mengikuti
Wadah yang ditempatinya.

Namun kandungan air itu sendiri tidak berubah yang menunjukkan keistiqomahan dan fleksibilitas air dalam beradaptasi. Seperti itulah semestinya kita. Dimanapun berada kita harus selalu bisa menyesuaikan diri, beradaptasi dan tidak mudah mengeluh terhadap kondisi yang terjadi dan menimpa pada saat ini, bahkan lebih jauh lagi kita bisa mengisi lingkungan tersebut dengan nilai nilai kebaikan dan tetap memberikan konstribusi dalam keadaan apapun juga.Dan ketika kita berinteraksi di dalamnya, dituntut juga untuk selalu memegang identitas diri yang tidak akan berpengaruh dan bersekutu terhadap sesuatu keburukan. Bagaikan air yang tak akan bercampur dengan minyak dan hanya bercampur dengan bahan senyawanya.

Air juga tidak pernah bisa dibendung dan terbendung. Tertutup satu jalan di depan, ia akan berusaha mencari jalan lain dan terus mencari sampai jalan itu benar benar didapatinya. Air tidak pernah menyia-nyiakan lubang bocor di ember atau di bak sekecil apapun. Ia akan mengalir deras menuju kebebasan bergerak dan keberhasilan. Seperti air tidak seharusnya kita sebagai manusia menyerah pasrah dan putus asa, setiap kali membentur halangan dalam meraih cita cita.

Bagaikan air yang membuat batu berlubang ataupun yang mengikis karang, dengan butiran butiran kecil ataupun desiran buih yang serempak tapi terus menerus tanpa mengenal lelah ataupun berhenti sesaat selama masih terdapat aliran. Begitupun seharusnya kita yang tak kan pernah berhenti tuk selalu berusaha, sekeras apapun tantangan yang ada, jika kita lakukan dengan kesabaran yang tulus dan keikhlasan tentu akan memperoleh hasil. Dan usaha yang dilakukan terus menerus tak kenal henti hingga ajal menjelang.

Belajarlah dari sifat air dalam kehidupan kita, Karena hidup adalah bagaimana kita menulis dan memaknainya . Tapi memang Allah swt lah sang Maestronya. Berjuanglah karena itu kita hidup. Jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu, jadikan ikhlas sebagai niatmu, jadikan tawakal sebagai pengingatmu. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kita semua.

Regards,
Pambudi


Responses

  1. Apik2 Pam. Setuju2.
    Dulu aku juga pernah pilih air,
    ketika memilih simbol diri.
    Alasannya mirip2 yang kau sampaikan.
    Yang jelas fleksibel dan dibutuhkan banyak orang. Kesan pertama, pasti seger…gitu loh.

    Tapi, aku mikir2. Air juga berbahaya dan
    bisa merusak kalo diperlakukan secara salah.

    Jadi inget, air Wonosobo, untuk mandi terasa
    masuk ke tulang2. E di Yogya, keluar kamar mandi dah sumuk.

    • tulisan bagus, berisi nasehat, tapi hati hati dengan air, Jaman Nabi Nuh orang-orang di tenggelamkan karena air, jakarta banjir karena air…itu karena orang-orang sudah tidak bener tentang Karma, Amal perbuatan, budi pekerti

  2. kita2 juga berasal dari air … yo ra ?
    inyong sih, melu wae kemana air mengalir sampai jauuuh…akhirnya sampai terdampar ke jakarta he.

  3. Cocok…cocok…kalau air tidak mengalir juga mumet…yo ra kang…air..air

  4. I ya bener kalo AIR PAM mampet, poseng.
    ( bukan airnya iPAM loh ).

    Tapi ada loh yang ngalir terus.
    Itu tuh airnya PAMNGILI yang jadi bu lurah di Garung.

    Mbak Netty ke mana ya ?
    Apa mudik ke Wonosobo ?

  5. wah mbak gun kangen to ma aku?waduh aku jadi ter haru ada yg kangenin..ha..ha..ha
    aku selalu ada ko mbak…..tenang aja….
    ya kapan itu emang aku ke wonosobo,hari apa ya?sabtu kayane….datang pagi pulang sore…..
    cuma mau nengok keponakan baru aja di wsb.
    kan yk-wsb cuma 2 1/2 jam atau 3 jaman gitu.
    saiki apik tenan wsb……alun2nya tambah asri lan akeh wong jualan makanan…..sayang yg jual mie ongklok di seputaran alun2 ga ada…yg ada cuma siomay batagor trus makanan yg bukan asli wsb,
    benernya kalau pedagang ditata rapi trus makanan asli wsb dikedepankan,wah mesti jadi daya tarik kota kita tercinta….
    la saiki aja wsb wis panas ga kaya jaman aku kecil dulu yg atis tis…….
    perlu pemikir2 handal tuk kemajuan kota wsb tercinta agar semakin jadi daya tarik wisatawan manca tuk kepingin ke wsb dan selalu merindukan datang lagi ke wsb….bukan hanya kita2 saja yg pribumi wsb yg kangen pulang ….ya gak?

  6. Goen … omong2 PAMngili opo koewis podo muyen ? pas wingi reuni oktober kan ijik blendung ….

  7. hebat pam, nulis tentang air. . .
    Tapi sing paling penting, nek air selalu menuju ketempat yg lebih rendah, dadine yo . . .down to earth. . .jarene tukul. .
    Sopo sing apan bali nang wnsb, boleh kabar2 utk ketemuan, asal ojo sabming.. .

  8. ayo2 .. sing arep ketemuan nang wonosobo, boleh juga kabar2 … suk tanggal 14 maret. asal dino setu minggu …
    ….

  9. He . .he. .he. .
    Ojo lali nek podho bali tengok alun2. . .

  10. Kok Lik Pancat bali kae, tp menghubungi dirimu jare ora bisa soale nomere ganti, kandani ta nek ganti…ojo mblebes bae….

  11. Iyo iki.Nomer hp podo ganti ra kabar2.Saiko yo ganti nomer kayane. Padahal inyong agi nang wsb.

  12. enak ya sing iso da bali nang wsb….
    WONOSOBO AKU KANGEEEEEEEEEEEEEEEENNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. Sorry bro. . ., no tetep, ming jarang di ngo. La sbgian besar sing nang mgl & wsb ngo telsel dadi yo terpaksa nomere 2, tp sayang hpne ming 1.
    Wnsb memang M AN TAB. . .
    EU NAK tenan. . .
    Opo maneh tempe kemul. .

  14. Ojo2 pancat lg mlaku2 nang alun2 saiki. . . Malminguan sopo ngerti nemu abg. . .
    He. .he. .he. . .

  15. Nemu ne sego megono karo peyek gereh lan tempe kemul cah … Ck..Ck..Ck

  16. Tul and bener banget Pam ! smoga aja kita semua dapat memaknai kehidupan ini sperti AIR, smoga kita yang dari air yg memancar kemudian dihidupkan ole Tuhan dpt sperti air yg telah Pambudi uraikan .

    memang kamu sadari ato tidak kadang kita dipaksa tuk seperti air yg harus mau melewati jalan yg sebenarnya tidak kita kehendaki, kadang kepekso gawe DOSA, walaupun sebenarnya kita tidak ingin.
    bukan berarti seneng gawe dosa lho !

  17. zenk goentary gmna pnya warta,..dah momongan brapa toh ???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: